Minggu, 27 November 2016

INI DIA GAN, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BISNIS ONLINE

Menjalankan bisnis online memang menyenangkan karena bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun asal kita terkoneksi dengan internet. Namun tahukah Anda, bahwa dibalik kelebihan atau kemudahan dalam menjalankan bisnis online tersimpan beragam kekurangan ?

Nah, melalui artikel ini saya akan mencoba mengupasnya untuk Anda, jadi bukan hanya menggembar-gemborkan kelebihan bisnis online saja yang katanya bisnis online itu mudah, tetapi juga akan saya jelaskan apa saja sih kekurangan bisnis online.

Jadi untuk memudahkan Anda dalam memahami isi artikel bisnis online, maka akan saya bagi menjadi dua bagian :

  • Kelebihan Bisnis Online
  • Kekurangan Bisnis Online 
Langsung aja gan, ini dia kelebihan dan kekurangan dalam bisnis online. Cekidot!

Kelebihan Bisnis Online


Seperti pada artikel umumnya, dimana kelebihan suatu produk selalu dibahas diawal. Untuk itu saya juga akan memulainya dengan membahas kelebihan bisnis online terlebih dahulu, disini setidaknya ada 8 kelebihan bisnis online yang saya rasakan dibandingkan saat saya bekerja sebagai karyawan kantor di kawasan Surabaya.

1. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

Seperti yang sudah saya singgung diatas, menjalankan bisnis online itu enak, karena kita bisa bekerja dimanapun dan kapanpun, jadi mau kerja di kamar, di halaman rumah atau di rumah teman Anda sekalipun bisa, dengan catatan ada perangkat dan koneksi yang tetap membantu Anda terhubung dengan internet.

2. Kebebasan Dalam Berpakaian

Kebebesan berpakaian inilah yang mungkin tidak akan pernah bisa dirasakan pekerja kantoran pada umumnya. Jadi bersyukurlah bagi Anda yang saat ini bekerja sebagai pebisnis online karena Anda bebas memilih 'seragam kerja' dengan model apapun, termasuk hanya memakai kaos oblong dan celana kolor sekalipun.

3. Tidak Terikat Lembaga

Tidak ada lembaga khusus yang menaungi bisnis online. Anda bebas berpindah-pindah dari satu model bisnis ke model bisnis online yang lain. Kebebasan inilah yang memudahkan Anda untuk mendapatkan lebih dari 1 pekerjaan di internet.

4. Biaya Yang Murah

Untuk menjalankan bisnis online biaya yang dibutuhkan jauh lebih murah dibandingkan dengan membuka bisnis di dunia nyata, contoh sederhananya adalah harga sewa toko online yang tentunya berada di bawah harga sewa tempat / membeli ruko.

5. Transaksi Yang Cepat

Perkembangan teknologi memaksa siapapun untuk bergerak lebih cepat jika tidak ingin tertinggal, begitu pula dalam hal bisnis, kecepatan dalam proses pelayanan menjadi hal yang wajib dimiliki para pebisnis. Kabar baiknya internet membuat segala sesuatunya mejadi lebih mudah dan cepat.

6. Tidak Membutuhkan Banyak Tenaga

Bisnis online bisa dibilang sebagai pekerjaan yang santai dan tidak terlalu banyak menguras tenaga, jadi untuk Anda yang saat ini berpuasa, saya rasa tidak akan terganggu dengan aktifitas bisnis online ini, karena kenyataanya kita hanya duduk seharian di depan laptop / komputer.

7. Tercipta Peluang Bisnis Online Baru

Hampir setiap hari atau bahkan mungkin setiap jam muncul situs penghasil uang di internet yang menawarkan kerjasama dalam hal bisnis online, rata-rata peluang bisnis online yang mereka tawarkan berjenis PPC (pay per click) seperti Bisnis Google AdSenseBisnis Affiliate Marketing atau model bisnis online PTC (pay to click), dimana kerja kita hanya tinggal klik iklan yang disediakan oleh situs tersebut.

8. Segala Hal Bisa Diuangkan

Mulai dari status facebook sampai cuitan di twtter juga bisa kita uangkan atau bahasa kerennya monetize. Dengan catatan Anda sudah memiliki banyak follower dan mendapatkan advertiser yang tepat. Media blog pun juga tak luput dari kata monetize, ibarat menyelam sambil minum air, menjalankan hobi ngeblog sambil cari uang, 

Kekurangan Bisnis Online


Seperti peribahasa 'tidak ada gading yang tak retak' hal tersebut berlaku pula untuk pekerjaan bisnis online, yang pastinya juga memiliki beragam kekurangan dibalik kelebihannya. Apa saja kekurangan bisnis online ? berikut saya jelaskan 5 kekurangan bisnis online.

1. Marak Penipuan Online

Tingginya jumlah para pemain bisnis online baru yang terkadang ingin cepat sukses dalam menjalankan bisnis online, hal tersebut dimanfaatkan para penipu untuk 'menyebar jaring' guna mendapatkan mangsanya dengan iming-iming cara cepat kaya atau sejenisnya, untuk itu jangan mudah percaya dengan model bisnis online yang menjanjikan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat dan mudah, karena rata-rata akan berakhir pada penipuan.

2. Jarang Tersentuh Hukum

Meskipun ada undang-undang ITE yang melindungi hak konsumen namun tetap saja kasus penipuan online yang telah terjadi jarang sekali berakhir pada pengadilan, karena mungkin tidak cukup bukti atau alasan lain juga karena si korban enggan untuk melapor ke polisi.

3. Penyebaran Internet Belum Merata

Tidak perlu jauh-jauh melihat ke luar pulau seperti NTB atau Papua, di Jawa saja, khususnya daerah Jawa Timur masih ada beberapa lokasi yang tak terjamah oleh jaringan internet. Problem lain terkait internet yaitu mahalnya harga smartphone yang mungkin tidak terjangkau oleh kalangan mengah kebawah.

4. Keuntungan Yang Tidak Instan

Inilah yang seringkali dikeluhkan para pebisnis online pemula atau mereka yang baru terjun ke dalam bisnis online, mereka measa tidak mendapatkan untung dari bisnis online yang dijalankan, padahal kenyataanya untung dari bisnis online memang tidaklah instan. Contoh nyatanya adalah Tokopedia dimana perusahaan tersebut sudah berdiri selama 5 tahun namun tidak mendapatkan keuntungan, barulah di penghujung tahun mereka meluncurkan program Membership Gold dan dari situlah Tokopedia mulai merauk keuntungan. Hal ini juga berlaku untuk mereka yang menjalankan bisnis online di bidang Advertising Blog.

source : http://www.seoterpadu.com/2015/06/kelebihan-dan-kekurangan-bisnis-online.html#kelebihanbisnisonline

Tidak ada komentar:
Write komentar