Minggu, 04 Desember 2016

Mau Jadi Pengusaha? Inilah Dasar Yang Harus Kamu Penuhi

Jika modal bisa menentukan keberhasilan sebuah usaha di satu sisi namun di sisi lain sebuah usaha kreatif dengan modal kecil dapat berkembang dan maju walau hanya didanai dengan modal pas-pasan, maka sebenarnya apa yg harus dimiliki seorang wirausahawan pemula saat menjalankan kerja sampingan mereka sendiri?


Berikut adalah 3 dasar utama yg harus dimiliki oleh setiap pemula untuk menjalankan bisnis menguntungkan baik untuk ibu rumah tangga atau karyawan sehingga menjadi usaha rumahan yang sukses, bisa bertahan, menguntungkan dan berkembang di tahun-tahun mendatang.

1.Mindset atau pola berpikir
Mindset ialah modal utama dalam bisnis yang paling menguntungkan, terserah mau usaha apapun itu!
Apakah mindset itu? Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa mindset merupakan “dasar” dari segala dasar cara bisnis sukses kita, Jika tanpa cara atau pola berpikir yg benar maka mustahil seseorang dapat merasakan kesuksesan usahanya.
Pengusaha pasti memiliki sebuah visi jauh ke depan tentang apa yang ingin dicapainya dalam jangka 5, 10, 15 atau 20 tahun ke depan sehingga dia akan membuat rencana buka usaha kecil dulu, kemudian akan membuat rencana jangka pendek, menengah atau jangka panjang untuk mewujudkan visinya tersebut. Visi tersebut sangat berkaitan erat dengan sebuah cita-cita.

2.Pengetahuan atau keahlian
Pengetahuan merupakan dasar kedua yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Sangat mustahil seseorang pemula dapat menjalankan dan mengembangkan bisnisnya jika dia tidak memiliki keahlian atau pengetahuan tertentu yg berhubungan dengan usaha tersebut. Seorang pengusaha memiliki jiwa mau “belajar” untuk meningkatkan pengetahuan / keahliannya dan itu membutuhkan waktu. Dalam proses belajar itulah terjadi transformasi nilai dimana dulu tidak mengerti sekarang menjadi mengerti atau dahulu tidak bisa sekarang menjadi bisa. Membuka cabang di tempat lain itu juga bukanlah keahlian yang sekali jadi namun perlu juga dipelajari. Oleh karena itulah, seorang pengusaha sukses pasti selalu sangat ingin menambah pengetahuan atau keahliannya sehingga usahanya bisa bertambah maju dan berkembang.

3.Kerja keras 
Kerja keras adalah “napas” seorang pengusaha. Usaha apapun bentuknya, tak akan dapat bertahan dan berkembang tanpa adanya kerja keras. Anda bisa melihat atau membaca kisah sukses para wirausahawan dan kerja keras pasti ada dalam kamus sehari-hari mereka. Siang malam, para pengusaha itu akan selalu memikirkan cara bagaimana mengembangkan bisnis yang mereka geluti. Jika hari ini gagal maka mereka yakin beberapa saat kemudian usahanya psti akan berhasil menuai keuntungan seperti harapannya. Pengusaha sukses tak kenal istilah putus asa dan patah semangat, mereka menyukai tantangan, mereka siap menghadapi tantangan dan mereka memiliki keyakinan dapat mengatasi tantangan dalam menjalankan bisnisnya. Jam kerja seorang pengusaha.

Tidak ada komentar:
Write komentar